Pages

Biografi dan Fakta Mengejutkan Alan Turing, Bapak Penemu Ilmu Komputer Modern

biografi Alan Turing, bapak penemu komputer modern, alan turing, orang yang memecahkan kode nazi jerman, Ahli Matematika

Jauh sebelum hadirnya Bill Gates dan populernya Steve Jobs. ada seorang ilmuwan besar yang tidak begitu diketahui banyak orang, dialah manusia yang dikenal sebagai father of theoretical computer science and artificial intelligence. atau secara sederhana adalah Bapak penemu ilmu komputer.

kira-kira mengapa dia tidak sepopuler ilmuan ata temuan lainnya? Mengapa namanya menjadi terkubur selama berpuluh-puluh tahun, kita akan menjawabnya bersama jadi bacalah sampai selesai artikel berikut ini. 

MINAT SAINS DAN MATEMATIKA

Bernama lengkap Alan mathison turing, atau biasa disapa Alan Turing dia dilahirkan di kota London Inggris pada tanggal 23 Juni 1912. touring lahir dari pasangan julius Mathison  Turing dan Ethel Sara Stoney. sebagai anak kedua lahir di London keluarganya awalnya tinggal di India di sinilah ayahnya bekerja sebagai pegawai pelayanan sipil India sedangkan ibunya merupakan anak dari pegawai Kereta Api. kedua orang tuanya menginginkan Turing lahir di Inggris Oleh karena itu mereka kembali ke Inggris. ketika berusia 6 tahun Ia masuk di sekolah ST. Michael Kepala Sekolahnya pun dibuat kagum oleh kejeniusan turing kecil memasuki fase remaja ia sudah banyak membaca pemikiran Albert Einstein, membuat minat, dan aktivitasnya membara pada sains dan matematika, memasuki tahun 1926. Turing Mengenyam pendidikan di Serborn school, kemudian melanjutkan kuliah di Cambridge University mengambil jurusan matematika. pada tahun 1931. disinilah dia terpengaruh dengan tulisan Mon Neumann, Betrand Russel, Alfred  North Whitehead. yang membuat kecintaannya terhadap sains dan matematika semakin menjadi-jadi.

Baca Juga: Sistem Pendidikan Terbaik Di Dunia

PLOPOR KOMPUTER

Dunia perlu berterima kasih kepada Alan Turing atas kontribusinya. kemajuan teknologi dan informasi sekarang yang begitu pesat tak terlepas dari apa yang telah dia lakukan si massa nya. melansir Tirta.id saat Turing masih menjadi mahasiswa ia sudah mempunyai konsep tentang komputer modern yang saat itu masih jauh dari bayangan siapapun.

Baca Juga : Sistem Pendidikan Indonesia Belum Maju ?

konsep inilah yang disebut sebagai mesin universal touring yang berasal dari keinginan touring menemukan metode untuk menyelesaikan semua hitungan matematika. nah ketika memasuki tahun 1936 ia mulai memaparkan konsepnya melalui makalah yang berjudul “uncbitable nomber with aplication to  the angsdoom problem” dalam makalah ini Ia menjelaskan bahwa mesin universal kelak akan mampu membaca rangkaian angka biner yang tentunya akan menguraikan masalah matematika.

dan benar-benar terjadi mesin itu mampu menghitung apa saja yang dapat dihitung konsep turing membawanya menuai pujian di mana-mana. salah satu bentuk apresiasi nya ketika ia mendapatkan penghargaan dari universitas cambrige. mesin yang paling revolusioner itu merupakan rumusan yang terhebat dari algoritma lama atau dari proses penghitungan mekanik ke metode baru.

Iya dengan yakin mengatakan bahwa semua proses Mekanik dan algoritma apapundapat dimasukan kedalam mesinnya. konsep Komputer turing tersebut program komputer atau perangkat lunak yang manusia nikmati sekarang tidak akan pernah ada.

Baca Juga : Kenapa Bumi Bentuknya Bulat gak Kotak?

PECAHKAN KODE NAZI JERMAN

sebagai peserta perang dunia 2 Inggris boleh lega karena memiliki orang jenius seperti Alan turing. sejarah telah mencatat nya sebagai pahlawan besar yang telah menyelamatkan banyak nyawa saat perang dunia 2, hal ini bermula ketika konsep mesin universal milik turing menggegerkan pemerintah Inggris, karena kejeniusannya itu ia kemudian dipanggil untuk bergabung dalam kerasnya perang dunia. tidak tanggung-tanggung, Dia diposisikan sebagai cripanis selama perang dunia berlangsung. turing bertanggung jawab untuk memecahkan kode Enipmen Jerman yang saat itu dianggap mustahil oleh semua orang untuk dipecahkan. 

lapoan dari situsn IMWatau yang menyatakan Enipmen  sebuah mesin enkripsi yang dimanfaatkan tentara Jerman untuk mengirim pesan yang sifatnya rahasia ketika Perang Dunia 2. mesin ini pertama kali diketahui oleh seorang ahli matematika asal Polandia. setelah itu para ahli di Polandia menguasainya dan membagi pengetahuannya ke Inggris.

meskipun demikian Jerman telah memutuskan untuk meningkatkan sistem keamanan mesin tersebut menjelang terjadinya perang perubahan ini membuat apa yang diterima Inggris dari para ahli matematika Polandia menjadi sia-sia. ini berarti Inggris bersama dengan sekutu tidak akan bisa menerka-nerka ataupun menyiasati strategi dan upaya tentara Jerman.

namun bagi turing mesin harus dikalahkan dengan mesin pula, ia akhirnya berhasil memecahkan kode dari Nazi Jerman dengan kecerdasannya. hasilnya sekutu mampu mengetahui pesan-pesan rahasia militer Jerman selama perang dunia berlangsung. berkat Turing Perang berlangsung lebih singkat, korban jiwa berkurang jauh dari perkiraan, dan puncaknya militer Jerman dapat dikalahkan. Namun karena alasan keamanan jasa besar turing selama perang dirahasiakan.

KASUS HOMOSEKSUAL

Setelah perang dunia 2 nama Alan Turing semakin naik daun. dia populer di mana-mana sebagai ahli matematika, penggagas kecerdasan buatan, dan tentunya pahlawan Perang Dunia. kontribusinya dalam ilmu pengetahuan tidak main-main ia bahkan masuk dalam daftar anggota Royal Society sebuah organisasi para ilmuwan yang berisikan Isacc Newton, Cristopher Wren, dan Charles Darwin. namun di balik nama besar dan karya-karyanya tidak disangka-sangka bahwa Touring adalah seorang penyuka sesama jenis atau biasa disebut homoseksual.

melansir liputan6.com pada tahun 1952 ia terbukti bersalah melakukan tindakan homoseksual. yang kalah itu dianggap sebuah perbuatan yang tidak senonoh ilegal dan melanggar hukum. akhirnya ditangkap dengan dakwaan sebagai tindak pidana homoseksual. pengakuan ini terjadi setelah tertangkap menjalin hubungan dengan seorang pria bernama Arnold Murray yang berusia 16 tahun,

Ia pun diberi pilihan antara penjara dengan kebiri kimia, dan touring pemilih hukuman kebiri ia harus menjalani hari-harinya dengan mengonsumsi obat-obatan tertentu untuk mengkebiri hasrat seksualnya. ia menerima suntikan estrogen selama setahun untuk menetralkan libidonya sebagai hukuman kebiri kimia.

KOMTROVERSI BUNUH DIRI

nama Alan turing semakin penuh kontroversi dan menjadi sorotan publik atas kasus dan hukumannya namun tidak hanya itu saja, Ia memiliki kisah akhir hidup dengan cara yang tragis kembali Melansir tito.id pada tanggal 7 Juni 1954 turing dikabarkan wafat di kediamannya sendiri. kematian itu pertama kali diketahui atau ditemukan oleh pembantu rumahnya saat sedang bersih-bersih kamar, menurut kesaksian pembantunya turing ditemukan sudah terbujur kaku dan terdapat sebuah apel yang belum habis dimakan disampingnya.

polisi Inggris menyimpulkan hasil penyelidikannya bahwa turing mati bunuh diri dengan cara memakan apel yang dicampur dengan racun yang mengandung sianida. turing dianggap bunuh diri karena ia mengalami depresi setelah ketahuan melakukan perilaku homoseksual.

meski demikian tidak semua orang percaya jika touring meninggal karena bunuh diri beberapa ahli menganggap karena kecelakaan

DIMAAFKAN RATU INGRIS SETELAH 60 TAHUN MENINGGAL

kini sosok Alan Turing diabadikan dalam mata uang  pecahan 50 wonsterling, karena dianggap sosok pahlawan besar di ingris ketika perang dunia 2. mengutip laporan kompas.com Alan Turing menyisihkan 227.200 orang berpengaruh yang dipertimbangkan untuk dimunculkan dalam mata uang yang setara dengan 62 Dolar Amerika Serikar (AS) itu.

namun selama beberapa tahun setelah kematian namanya seakan-akan tidak muncul sebagai ilmuan berpengaruh lainnya. butuh beberapa tahun untuk membuat ingris tersadar bahwa begitu besar kontribusi Alan Turing pada ingris bahkan dunia selama dia hidup. 

kasus homoseksual seolah menutupi cahaya gemilangnya dalam penemuannya,  seperti dilansir oleh detiknews.com Alan turing baru mendapatkan permohonan maaf dari hampir 60 tahun kematiannya pengampunan ini atas dasar royal progratife yang dilandasi oleh permintaan Menteri Kehakiman grish Grayling.. 

Nahh itulah sosok dibalik Alan Turing bagaimana menurut kalian? tulis komentar di bawah,,,,


penapejuang "Orang bijak belajar ketika mereka bisa. Orang bodoh belajar ketika mereka harus." - Arthur Wellesley Dengan ilmu kamu akan Kuat dan dengan Karakter kamu akan terhormat,,

0 Response to "Biografi dan Fakta Mengejutkan Alan Turing, Bapak Penemu Ilmu Komputer Modern"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

BACA JUGA